Neng etta first time turning in Dynamic Apnea

fb_img_1476506063673
pic by @studiofotto

Pernah ga berpikir tentang sesuatu achievement yang rasanya ga mungkin. Masuknya bukan lagi di kategori mimpi tapi udah di kategori ilusi. Buat etta dapat 50 meter di DNF dan 50+ di DYN masuk kategori ini.

Edan ilusi banget gitu? Iyaaa… walaupun statik mulai sedikit-sedikit ada kemajuan sampai harusnya bisa mecahin National Record Indonesia tahun kemaren *uhuk* , tapi di disiplin dynamic etta payah banget.

Waktu Mbakmin nyepet “buat apa statik lama-lama tapi dynamic cuma dapet segitu” itu rasanya ketabok banget tau ga?! Pedih hati ini 😭😭😭. Tapi jadi semangat juga sih. Bener juga, ngapain gue statik lama kalo dynamic ga bisa nyampe setengah dive timenya aja. Huh!

Mulai dari latihan pertama habis kompetisi IDAC 2016 kemarin etta mulai curi-curi waktu latihan. Latihan statik dikit dan mulai benerin latihan dynamic. Berat? Berat banget. Selama vakum latihan freediving setahun ini kan etta ga pernah latihan banget yak. Kalo ngolam pun cuma ngebuddy aja, ga pernah nyelem πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Dari mulai masalah tehnik finning dan kicking, buoyancy, kontraksi, dijebret sekali latihan. Eh, dua kali latihan kayaknya deh.

Kemudian si akunya mulai legeg. Latihan ketiga merasa enak, di lintasan 25 meter lihat tembok dan coba turning. Hooooo, bisaaaaa! Dan lanjut sampai tembok satunya lagi. Recovery breath parah, lepas neck weight rada panik. Udah aja. Eh gue bisaaa loh turning. Bisa loh 50 meter dan merasa masih bisa lanjut.

Lalu nyoba sekali lagi. Sapa tau cuma beginners luck yak. Dan nyoba lagilah kita ya. Bisaaaa!!! Hoyeaaahhhh. Berarti bisaeun etta.

Kita panggillah abang Davot, safety kompetisi terpertjaja yang pertama bikin etta PB di statik. Jelasin pengen apa sekarang, pengen 50+ , pengen turn 2 kalieun. Oke siap.

Breath up. Turun. Turn pertama. Kontraksi begitu turn. Masih bisa. Tembok sana deket kok. Kaki mulai panas, tapi ga parah. Ketemu tembok. Eh bisa turn lagi. Kick tembok. Finning dikit. Naik deh.

Buoyancy negatif kemarin. Etta pake neck weight 2 kg. Dibantu ke pinggir langsung ketawa-ketawa. Hahahaha… PB kaaaak! Lepas neck weight. Kemudian mulai nafas ga teratur. Hyperventilating. Mulai bunyi nafas. Dan selesai sudah kesenangan bisa turning itu 😦

Kalo dihitung, banyak banget salah di latihan etta kemarin. Latihan over diatas kapasitas. Skipping recovery breath. Trial 25×2 tanpa buddy 😁😁. Overweighted juga kayaknya di leher. Banyaknyaa … bikin keluar lagilah itu si takol snorkel.

Pelajaran nomor 23 : jangan latihan ugal-ugalan !!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s