Ngegembel part #2 : Transportasi Surabaya – Banyuwangi – Tulamben

Part 2 : Transportasi Surabaya – Banyuwangi – Tulamben

Sebelum sampai Surabaya, jalannya gini nih

whatsapp-image-2016-12-14-at-13-10-32
ngegembel di stasiun Wonokromo

Ga terasa cuma 10 menit naik gojek dari Mariott ke stasiun Wonokromo, sampai di sana ternyata stasiunnya tutup. Yak, T U T U P. Kirain fasilitas umum kayak gini bukanya 24 jam dong, walaupun ruang tunggunya mungkin kecil. Okefain, kita coba keberuntungan. Mungkin nunggu di dalam boleh asal minta. Heeeey, ternyata boleh nunggu di … apa sih namanya di luar ruang tunggu gitu. Ada beberapa bangku panjang di situ, cukuplah ya. Jadi kalo ada yang ke stasiun Wonokromo Jumat dinihari kemarin dan liat ada cewek molor dengan sukses, mungkin itu adalah etta. Eh, pasti itu etta ding πŸ˜‚

whatsapp-image-2016-12-14-at-13-10-33
selimutan bukan dingin, nyamuknya afgan bangeeet

Tidur dari jam 2 sampai 1/2 4 di bangku dengan nyamuk Surabaya yang ganas tapi tetap dinikmati. Ya iyalah anak rumahan yang tidurnya jam 8 malam mah udah tepar banget sebenernya. Azan subuh bangun, selfie bentar, baru elap-elap iler dan belek. Bangun tengok kanan-kiri kok udah banyak banget orang ya. Malu banyak orang? Tidak dong 😎
Jam 4 pintu dibuka, print boarding pass (tssahhhh), ngamar mandi, sholat, charge hp bentar, ga lama kereta datang. Kereta Probowangi jurusan Surabaya Wonokromo ke Banyuwangi Banyuwangibaru seharga 56 ribu.

whatsapp-image-2016-12-14-at-13-10-322

Kan ya kemaren etta memuji banget itu si kereta Pasundan ya. Tapi kata mas Azzam gerbong lain ga sebagus gerbong kita sebenernya biasa aja kayak kereta ekonomi biasa gituu. Dan etta udah harap-harap cemas. Jeng jeng, beneran dong persis yang kita obrolin, persiiis pisan. Gerbong lama, kursi ijo tegak lurus keras, AC anget, jendela buluk, aaaah the power of omongan yang tidak dijaga πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯

You know what I hate more than kecoa? Children on public transportation. Hahaha maap, da etta ga doyan anak kecil… barengan anak kecil dalam perjalanan tuh cukup membuat etta berharap punya stungun πŸ‘ΏπŸ‘Ώ. Alhamdulillah dikabulkan cobaannya bareng sama kereta gerbong lama. Langsung pasang posisi tidur panjang. Di sela- sela tidur pas melek, keluarga yang bawa anak kecil ini sempat memberi etta lapis surabaya asliiih Surabaya (iye pan baru berangkat dari sono πŸ˜‚). Hehehh, the perks of travelling with children, cemilan aman. Makasih ya mas-mbak, enak lapsurnya 😊😊

whatsapp-image-2016-12-14-at-13-10-081
family train, makes me want to stun myself
whatsapp-image-2016-12-14-at-13-10-321
heyaaaa malah dapet lapis surabaya, alhamdulillah ^_^
whatsapp-image-2016-12-14-at-13-10-062
sta banyuwangibaru, 200 meter saja dari pelabuhan ketapang
whatsapp-image-2016-12-14-at-13-10-09
anak dekil nyampe ke pelabuhan ketapang on train jugaaak
whatsapp-image-2016-12-14-at-13-09-414
menuju loket ferry
whatsapp-image-2016-12-14-at-13-09-416
murah yes?!
whatsapp-image-2016-12-14-at-13-10-071
enter the ferry
whatsapp-image-2016-12-14-at-13-10-091
anak-anak kicik nyari duit yang dilempar ke ais
whatsapp-image-2016-12-14-at-13-10-072
spirit of the journey, dalem bangeeeet taglinenya kaka
whatsapp-image-2016-12-14-at-13-10-07
dapet ferry yang … standarlah yaaa

Tengah hari sampai di stasiun Banyuwangibaru. Tanya satpam di mana pelabuhan, katanya tinggal belok kanan dan jalan 200 meter aja. Jalan deh etta. Langsung beli tiket di loket, 6 ribu saja. Berharap ada tukang nasi jinggo kayak waktu lebaran dulu tuh. Ga ada, hiks. Nikmati saja kelaparan ini sampai jam 2 nanti. Landing (landiiiing!), langsung cari makan pengennya, tapi transportasi berikutnya lebih penting.

whatsapp-image-2016-12-14-at-13-09-4113
terminal gilimanuk, jalur utara (singaraja, amlapura, padang bai) dan jalur selatan (denpasar)
whatsapp-image-2016-12-14-at-13-09-413
daftar harga
whatsapp-image-2016-12-14-at-13-33-15
inside the bus

Sampai di terminal Gilimanuk langsung silangin jari semoga ada bis ke Amlapura. Huooh, kesiangan cenah, yang ada tinggal jurusan Singaraja. Ya sudah kita improvise. Naik ke singaraja lalu lanjut gimana nanti. Sementara itu, mari beli nasi jinggo yang tadi dilewatin pas pintu masuk terminal 😁. Makan siang yang syuperrr.

whatsapp-image-2016-12-14-at-13-10-06
masya alloh enaknyaaaaaa ini nasi jinggo
whatsapp-image-2016-12-14-at-13-09-4112
berdoa sebelum berangkat, adeeem perasaan liatnya, tinggal bobok deh gw

Kejutan kecil sebelum kita berangkat. Pak supir dan kondekturnya berhemti di pura dan berdoa dulu. Huuuuft, merasa ketampol ga sih? Harusnya sih bisa ya maksa sholat di perjalanan. Bis Gilimanuk – Singaraja ini 30 rb ongkosnya. Sampai di Singaraja jam 4 sore, sama bapak supir disuruh naik lin ke desa apa gitu, 10rb ongkosnya. Harusnya bisa naik elf merah jurusan Singaraja – Amlapura, tapi kesorean etta sampenya. Dari desa X naik ojek, janjian 30rb ke Tejakula. Lumayan jauh kalo liat dari map sih. Dan ternyata lebih jauh deh perasaan… kasih 50rb jadinya. Jauuuh πŸ˜‚πŸ˜‚. Sampailah kita di desa Les yang cantik.

whatsapp-image-2016-12-14-at-13-09-419
berangkat dari desa Les

Besoknya etta berangkat jam 12 setelah makan siang. Nunggu bis jurusan Amlapura di jalan raya. Kirain bakalan lama, ternyata setengah jam udah dapet elf putih dan ok pas ditanya ke Tulamben ngga. Hop on. Perjalanan kalo kata googlemap sih sekitar 85 km atau 45 menit, tapi cuma 55 menit udah sampai di depan warung pak Wayan, ongkosnya 15rb. Hoyeeeeeeee, etta di Tulamben!!!

whatsapp-image-2016-12-14-at-13-09-415
kos-an tanpa mesum, etta kembaliii ^_^
whatsapp-image-2016-12-14-at-13-09-417
back to where it all started, angkatan 3 telah kembali

Cost summary :
KA Probowangi Wonokromo – Banyuwangibaru 54,000 + 7,500
Ferry Ketapang – Gilimanuk 6,000
Nasi ayam gilimanuk 6,000
Bis 3/4 gilimanuk – singaraja 30,000
Angkot singaraja – 10,000
Ojek xxx – tejakula 30,000 ( kasih 50,000 )
Elf tejakula – tulamben 15,000

Advertisements

One Comment Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s